Test Drive Suzuki Ertiga Automatic

Suzuki-Ertiga-Auto-615x469

Pada awal bulan ini Media di berikan kesempatan menguji kemampuan varian terbaru dari Suzuki Ertiga yakni Suzuki Ertiga Automatic. Rute yang dipilih mewakili medan dalam kota yang macet dan luar kota  untuk munguji kemampuan varian matic ini di tanjakan, maka dipilih rute Jakarta – Bogor (Curug Nangka). Pemilihan rute ini terbilang cocok, karena memiliki kondisi jalanan yang bervariasi. Selain itu, trek tersebut juga sering dilalui oleh para keluarga kota metropolitan yang ingin berpesiar.

Desain, Usung Tema Elegan

Seperti versi double blowernya, Ertiga GX matik masih menampilkan desain elegan dengan penyematan panel krom pada gril dan lis pintu bagasi. Suzuki yang enggan menambah unsur pembeda seperti emblem AT atau lainnya membuat Ertiga GX matik tak dapat dibedakan secara visual dari versi manualnya.Masuk ke kabin, nuansa berbeda hadir dari aplikasi tuas perseneling otomatis model tombol. Beda dengan kompetitornya yang memakai model beralur. Sehingga untuk memindahkan posisi gear, pengemudi harus menekan tombol di ujung tuas. Cukup praktis dan mewah. Oiya, perbedaan lain hadir dari desain Multi Information Display (MID) pada speedometer yang kini memiliki tampilan posisi gear, P-R-N-D-2-L. Tampilan speedometer yang mudah terbaca pada versi manualnya masih tertanam di sini.

Performa, Tak Takut Tanjakan

Meski hanya mengandalkan transmisi otomatis 4-speed konvensional, namun kemampuan Ertiga GX matik tak bisa dipandang sebelah mata. Saat posisi macet, mobil ini menyalurkan tenaga ke roda depan dengan lembut. Mirip saudara manualnya. yang masih menggunakan mesin generasi terbaru Suzuki K14B yang ringan dengan kapasitas 1.4 liter bertenaga 95 PS dengan torsi 130 Nm terasa bertenaga. Mesin ini juga mengaplikasi teknologi Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MIP), ”drive by wire” sistem pada pedal gas serta sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive) untuk akselerasi lebih responsif bagai sebuah sedan..

Sementara untuk mengail energi lebih di jalan bebas hambatan, pedal gas wajib di kick down untuk menaikan putaran mesin secara cepat dengan posisi di gigi D. Trik ini terbilang mumpuni saat menyalip kendaraan panjang, atau mobil lambat di depan. Kalau ingin santai, cukup urut pedal gas saja. Tarikannya tetap terasa, meski tak seresponsif kala kick down.

Masuk ke wilayah Bogor menuju Curug Nangka, rute didominasi tanjakan curam dengan hiasan tikungan dan angkot ngetem. Sempat muncul kekhawatiran di benak kami akan kemampuannya, maklum kondisi mobil mengangkut empat penumpang dengan banyak barang di bagasi.

Namun Ertiga GX matik menjawab keraguan kami dengan mantap. Apalagi, tersedia fitur overdrive untuk menjaga putaran mesin mobil.  Kemampuan menanjak mobil ber-tagline ‘Lebih Mengerti Keluarga’ ini bisa diandalkan saat bepergian ke pegunungan bersama keluarga.

Handling dan Kenyamanan, Easy to Handle

Salah satu faktor kenyamanan mobil keluarga turut disokong oleh kemampuan handling mobil tersebut. Dan seperti versi manualnya, handling Ertiga GX matik terasa asik kala dipakai bepergian keluar kota, maupun sekedar keliling kota.Karakter suspensi yang pas (tak terlalu keras atau lembut) membuat penumpang lebih nyaman. Apalagi Ertiga juga didukung sistem penggerak roda depan dan sasis monokok yang lebih kokoh.
Fitur Lengkap

Sebagai varian tertinggi Ertiga GX matic memiliki taburan fitur yang cukup lengkap. Mulai dari AC Double Blower, tombol audio di setir, Sistem pengereman ABS+EBD hingga Dual SRS Airbag.
Harga
Suzuki Ertiga Rencana akan dilaunching pada tanggal 17 Mei mendatang  dengan perkiraan harga OTR Surabaya :

Suzuki Ertiga GL Automatic : Rp. 176.500.000,-

Suzuki Ertiga GX Automatic : Rp. 188.500.000,-

Ulasan lain :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s