Ertiga Tempuh 77 KM Cuma Dengan 1 Liter

ertiga-rear

BANDUNG—Rekor “fuel efficient contest” Suzuki Ertiga diprediksi menjadi milik Kota Bandung karena dengan jarak 77,1 KM, salah seorang pesertanya hanya menghabiskan 1,1 liter saja.

Menurut juri perlombaan tersebut, Iwan Setiawan dari PT SIS, lomba irit bahan bakar yang digelar di Kota Bandung itu menggunakan rute dari kawasan Kota Baru Parahyangan, Cileunyi, Pasir Koja, Peta dan finish di Trans Studio.

“Lomba ini dipecahkan oleh Hadiana dengan hanya menghabiskan 1,1 liter, keduanya disabet Arif Darmawan dengan menghabiskan 1,5 liter dan ketiga Edi Junaedi dengan 1,56 liter saja,” katanya, kepada wartawan di Trans Studio Bandung, baru-baru ini.

Apa yang terjadi di Kota Bandung diperkirakan akan menjadi rekor tersendiri bagi Suzuki Ertiga dibandingkan kota-kota lainnya. Karena untuk Palembang rekornya hanya 1 Liter: 45 KM, Surabaya 1:68 KM, Jambi 1:71KM, Medan 1:34KM.

Dia menjelaskan dilihat secara angka rekor yang terjadi di Jambi memang lebih unggul. Akan tetapi, apabila melihat kondisi geografisnya, Bandung lebih unggul karena mempunyai banyak rintangan dan hambatan seperti macet.

Meskipun kendaraan yang digunakan sama, penggunaan bahan bakarnya ada yang lebih irit karena  adanya perbedaan permainan pedal gas, persneling, pengereman dan pemanfaatan rute.

“Sejak H-1 perlombaan seluruh peserta kami panggil untuk dilakukan pengecekan kendaraan karena kendaraan yang harus mengikuti perlombaan ini harus standar. Jadi, apa yang terjadi merupakan gambaran sebenarnya bahwa Ertiga memang irit sekali,” paparnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s